Riset Tentang Laboratorium Bahasa

Riset Tentang Laboratorium Bahasa

Laboratorium bahasa ada untuk membantu seseorang agar berhasil menggunakan teknologi untuk berkomunikasi. Ini bukan hanya untuk mempelajari satu bahasa, tetapi dapat digunakan untuk mengajar sejumlah bahasa secara efisien. Untuk memperoleh kepekaan terhadap bunyi dan ritme suatu bahasa, seseorang harus mendengarkan sampel terbaik dari suatu bahasa lisan. Inilah fungsi laboratorium bahasa.

Laboratorium bahasa memungkinkan siswa untuk berbagai cara belajar bahasa yang bersifat self-instructional dan ramah pembelajar. Ini membantu siswa memelihara kebiasaan membaca bagian-bagian dari monitor komputer, sehingga memberi mereka fasilitas yang diperlukan untuk menghadapi ujian kompetitif berbasis komputer seperti GRE, TOEFL, GMAT, dan lain-lain.

 Penggunaan laboratorium bahasa juga memungkinkan mereka untuk belajar pengucapan yang lebih baik melalui penekanan pada aksen kata, intonasi, dan irama. Sangat membantu untuk melatih mereka menggunakan bahasa secara efektif untuk menghadapi wawancara, diskusi kelompok, dan berbicara di depan umum.

Laboratorium bahasa adalah alat yang dirancang untuk mengajar bahasa apa pun. Ini membantu siswa untuk lebih menggunakan komputer dalam resume, persiapan CV, penulisan laporan, pembuatan format, dan sebagainya. Ini membantu seseorang untuk memiliki kendali pada parabahasa seperti belajar pengucapan, aksen, tekanan dan semua aspek fonetik bahasa lainnya. 

Program pelatihan komunikatif yang efektif dan bermanfaat, sesi diskusi untuk masyarakat umum, sektor swasta dan perusahaan, pejabat tingkat junior dan senior dapat diberikan melalui lab. Pembuatan konten web, pengaturan majalah berita internal, publisitas dan identitas perusahaan, dan bahan ajar dapat dihasilkan melalui laboratorium bahasa. Dokumentasi umum, dokumentasi perangkat lunak dan segala bentuk dokumentasi teknis dapat diselesaikan. 

Para ahli dan cendekiawan dapat memanfaatkan laboratorium untuk membuat dan mengedit materi ilmiah dan teknis untuk pengajaran bahasa. Laboratorium bahasa memungkinkan seseorang untuk melakukan kursus untuk berbagai kalangan seperti mahasiswa, fakultas, pebisnis, dan sebagainya Kursus online dan ujian tanpa kertas dapat dilakukan melalui laboratorium bahasa.

Laboratorium bahasa dari institusi terkenal biasanya dilengkapi dengan teknologi tercanggih dan tercanggih yang menginspirasi siswa untuk bekerja lebih keras di lab. Secara teknis, laboratorium bahasa adalah alat teknologi pembelajaran yang terdiri dari unit sumber yang dapat menyebarluaskan materi audio ke sejumlah siswa individu. Bergantung pada jumlah penerimaan siswa, otoritas lembaga telah mengatur beberapa produk yang lebih inovatif.

Secara definisi, laboratorium bahasa adalah instalasi audio-visual yang digunakan dalam metode pengajaran modern untuk mempelajari bahasa asing. Laboratorium bahasa modern dikenal dengan banyak nama, laboratorium bahasa digital, laboratorium bahasa multimedia, pusat media bahasa dan pusat pembelajaran multimedia, dan sebagainya 

Fungsi laboratorium bahasa adalah melibatkan siswa untuk berkontribusi aktif dalam latihan pembelajaran bahasa dan mendapatkan lebih banyak latihan daripada yang mungkin dilakukan. dalam lingkungan kelas tradisional. Lab bahasa berbasis multimedia membantu untuk mendapatkan pengetahuan dan meningkatkan kemahiran bahasa dengan berbagi kursus

Dalam hasil riset oleh Prof. Rajendra Mahajan, Asisten Profesor Sekolah Tinggi Teknik Atharva, dan Dr. Ritu Sharma yang terbit di International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT) melakukan penelitian di Atharva College of Engineering yang memasang laboratorium bahasa digital Orell pada tahun 2014.

Selama tiga tahun terakhir studi (2014-2017) laporan penempatan Atharva College of Engineering, menjelaskan bahwa ada korelasi yang signifikan secara statistik antara penggunaan konstan kegiatan lab bahasa dan penilaian. Seseorang tidak dapat mengabaikan pentingnya lab bahasa dalam meningkatkan prestasi dan kemahiran dalam ujian yang berbeda oleh siswa yang telah menghadiri sesi lab bahasa secara teratur.

Mahasiswa tahun ketiga  Atharva College of Engineering dibagi menjadi beberapa kelompok dan diperkenalkan dengan lab bahasa. Kelompok-kelompok ini dijadwalkan untuk menggunakan lab bahasa setiap minggu. Kelompok-kelompok itu melewati berbagai tingkat pelatihan.

Para siswa diberikan pelatihan di bidang-bidang seperti percakapan Bahasa Inggris, susunan kosakata, kemampuan bahasa, pengucapan, teknik untuk meningkatkan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis, soft skill dan interpersonal skill. 

Selain itu, ada pula permainan peran, komunikasi bisnis, kelompok diskusi, pelatihan pra-penempatan, kesiapan perusahaan, situasi formal dan informal, penulisan email, persiapan dan presentasi PPT, keterampilan membuat keputusan, persiapan wawancara serta mock interview.

Menurut penilaian dan proses evaluasi yang dilakukan oleh anggota fakultas setelah sesi. Itu sangat membantu para siswa untuk memecahkan berbagai ujian dan wawancara untuk mencapai tangga kesuksesan.

Rajendra menyimpulkan bahwa lab bahasa adalah solusi dan kebutuhan saat ini untuk mempelajari keterampilan bahasa. Kualitas kemahiran bahasa akan semakin meningkat ketika mereka mempelajarinya dari Lab Bahasa multimedia, digital dan komputerisasi. 

Selalu ada ruang untuk perbaikan dan kemajuan di bidang apa pun dan untuk subjek apa pun. Sudah saatnya metode pengajaran kita harus mengalami perubahan. Kecuali jika teknologi baru diadopsi dalam pengajaran bahasa, kita tidak dapat memberikan keterampilan bahasa kepada pembelajar kita pada tingkat persaingan yang terus meningkat. 

Menurut pandangannya, ini adalah beberapa dari sekian banyak teknik yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan bahasa dan kemampuan kerja melalui teknologi di generasi sekarang.

Tags Article